Home » » Cara Instal Plugin Baru Di Wordpress

Cara Instal Plugin Baru Di Wordpress

Salah satu kelebihan CMS Wordpress adalah adanya fitur plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan suatu fungsi tertentu di blog yang dimiliki. Ada ribuan plugin yang disediakan secara gratis oleh kontributor Wordpress.org dan semuanya dapat digunakan dengan bebas.

Akan tetapi karena tidak semua orang paham bagaimana menginstall plugin baru di Wordpress, saya akan coba membantu Anda langkah demi langkah, lengkap dengan gambar agar lebih mudah.

Pertama; Login ke dashboard anda
Kedua; Arahkan kursor ke menu Plugin - Add New


Ketiga: Kemudian anda akan dibawa ke halaman plugin direktori di mana terdapat banyak sekali pilihan plugin yang bisa anda install ke blog Anda, tapi ingat bahwa semakin banyak plugin yang anda install maka semakin berat server anda. Bijaklah memilih plugin, utamakan yang penting saja. Oke, kembali ke topik kita, di halaman seperti dalam gambar di bawah ini, ada banyak pilihan, untuk memudahkan anda bisa klik link Popular untuk men-sortir plugin berdasarkan plugin paling populer.

Keempat; Pilih plugin yang anda inginkan, misalnya Google XML Sitemap, Klik Install Now dan akan muncul pop up untuk konfirmasi, klik saja tombol Oke untuk memulai instalasi plugin, tunggu hingga proses instalasi selesai.


Kelima; Setelah proses instalasi plugin selesai, klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin yang barusan anda instal.


Keenam; Instalasi plugin baru telah selesai, Anda dapat menemukan plugin tersebut di direktori plugin yang  baru saja anda install. Untuk melihat pengaturan plugin, arahkan kursor ke menu Setting, maka akan muncul list setting plugin yang baru saja diinstal, dalam kasus ini adalah xml sitemap. Di kesempatan berikutnya saya akan coba untuk memberikan panduan pengaturan beberapa plugin yang harus dimiliki sebuah blog. BTW, Selamat Tahun Baru 2013... Semoga Sukses selalu


0 comments:

Post a Comment

Artikel Populer

Kategori

Powered by Blogger.